Beberapa Model Periklanan Internet yang Bisa Dicoba

Model periklanan internet memang sangat beragam. Dengan semakin banyaknya platform periklanan online, maka pelaku usaha mempunyai banyak pilihan untuk menggunakan salah satu dari metode tersebut. Disini kami akan coba membahas mengenai model periklanan tersebut, kemudian Anda bisa memilihnya, dan menentukan mana yang terbaik untuk dicoba guna meningkatkan bisnis Anda.

cara promosi melalui internet

Perkilanan pay per klik

Model periklanan internet dengan metode ini ada beberapa, seperti misalnya Google Adwords, Bing Ads, Facebook ads, dan masih banyak lagi. Dari beberapa model tersebut, untuk mengetahui mana  yang paling efektif dan bisa memberikan profit untuk usaha Anda, tentulah Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Model periklanan internet yang menggunakan type semacam ini adalah, dimana Anda akan kena charge untuk setiap text iklan atau banner yang di klik oleh pengunjung. Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah kami coba dan bandingkan, untuk saat ini Google Adwords masih menjadi pilihan terbaik bagi para pelaku bisnis.

Dengan menggunakan search engine dari Google, iklan Adwords akan benar benar bisa mengena dari target market yang kita inginkan, seperti misalnya tingkat relevansi yang tinggi, pengunjung yang benar benar tertarget, dan biaya yang relative lebih terjangkau. Model periklanan internet di Google Adwords juga mempunyai banyak kelebihan, seperti misalnya budget yang bisa diatur sesuai anggaran, lokasi iklan, kapan iklan akan muncul, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk Bing ads tidak jauh berbeda dengan system yang digunakan oleh Google Adwords, dimana iklan yang digunakan berupa text iklan dan juga iklan banner. Namun secara akurasi masih berada dibawah Google.

Periklanan di situs direktori

Selain model periklanan internet yang menggunakan platform pay per klik, ada juga beberapa model periklanan berbasis situs direktori. Model iklan semacam ini secara garis besar hampir sama dengan iklan baris, namun yang membedakan adalah, model periklanan internet di situs direktori biayanya lebih terjangkau, yaitu menggunakan system membership, dimana anggota akan membayar dalam durasi tertentu, seperti misalnya pertahun.

Biasanya setelah lama menjadi member dari situs direktori tersebut, maka bisnis Anda juga bisa muncul di halaman pertama Google, namun tentunya hal ini membutuhkan kerja keras, seperti rajin untuk update produk, menyebarkan link website yang di iklankan, dan beberapa metode untuk meningkatkan posisi SERP dari situs direktori tersebut.

Menyewa spot iklan dan banner

Model periklanan internet lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menyewa spot banner pada sebuah website yang sudah cukup banyak pengunjungnya. Disini, banner perusahaan Anda akan ditampilkan pada website tersebut, seperti misalnya pada sidebar, pada header, atau beberapa posisi lainnya. Disini biayanya biasanya dipatok berdasarkan persetujuan dari kedua belah pihak, misalnya pembayaran setiap bulan.

Demikian beberapa model periklanan internet yang bisa Anda coba, kemudian pilihlah mana yang terbaik sehingga bisnis Anda bisa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Setiap metode periklanan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, tergantung dari metode mana yang tepat untuk bisnis tersebut.