Berapa Anggaran Iklan Adwords yang Pas?

Dalam menentukan anggaran iklan Adwords kita harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang ada. Hal ini untuk menghindari terjadinya over budget karena ketidaktahuan kita dalam melakukan pengaturan pada iklan tersebut. Untuk mengoptimalkan anggaran yang diinginkan, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan seminimal mungkin anggaran iklan Adwords tersebut. Namun hal ini hanya bertujuan untuk mengetahui, sejauh mana anggaran yang pas untuk iklan tersebut.

menentukan anggaran yang pas untuk iklan adwords

Jika dalam kurun waktu tertentu, misalnya setelah satu atau dua bulan terlihat manfaatnya, misalnya dari sisi keuntungan yang Anda dapatkan, maka anggaran iklan Adwords bisa ditingkatkan. Dalam menaikkan anggaran tersebut kita juga tidak boleh serampangan, meskipun tidak ada batasan sampai sejauh mana anggaran yang akan kita keluarkan untuk iklan tersebut. Agar hasilnya bisa benar benar mengena, baik dari sisi anggaran iklan Adwords maupun hasil yang nantinya akan Anda dapatkan, maka Anda bisa menaikkan anggaran iklan tersebut secara bertahap, kemudian di review kembali setelah beberapa waktu.

Tujuan dari review iklan tersebut tentunya untuk mendapatkan nilai yang pasti dan besaran yang sesuai dengan iklan tersebut. Setelah dirasa terus mengalami peningkatan dari sisi profit bisnis, maka Anda bisa terus menaikkan anggaran iklan Adwords tersebut. Namun ada beberapa pengelola iklan Adwords yang langsung menaikkan anggaran tersebut dengan nilai yang lebih besar. Hal ini sebenarnya tidak ada larangan, namun akan lebih baik jika dinaikkan secara bertahap agar performance dari iklan tersebut bisa diketahui.

Anggaran iklan Adwords untuk beberapa jenis produk memang berbeda beda, tergantung dari jenis produk, tingkat persaingan, berapa nilai per kliknya, jenis kata kunci untuk produk tersebut, dan beberapa parameter yang digunakan untuk menentukan anggaran iklan Adwords untuk pertama kalinya. Dalam beberapa kasus yang pernah saya alami dalam pengelolaan beberapa klien, khususnya untuk produk yang menggunakan kata kunci lokal, tingkat persaingan yang tidak terlalu ketat, nilai per klik yang cukup murah, maka anggaran iklan Adwords untuk pertama kali bisa disesuaikan, dan tidak perlu langsung terlalu besar. Misalnya saja untuk anggaran harian sebesar Rp. 10.000, maka hal ini sudah bisa memberikan profit yang cukup signifikan untuk produk tersebut.

Jika misalnya dengan anggaran iklan Adwords untuk produk tersebut misalnya Rp. 10.000, dengan nilai klik rata rata sekitar Rp. 400, maka dalam sehari kita sudah bisa mendapatkan pengunjung yang benar benar tertarget sekitar 25 sampai 30 orang. Dengan jumlah tersebut, kemudian dikalikan selama satu bulan, maka dalam satu bulan kita akan mendapatkan sebanyak 750 – 800 orang. Maka secara analisa sederhana, kita ambil 2% saja yang melakukan penjualan, maka sudah bisa dipastikan biaya iklan tersebut akan tertutup dengan keuntungan yang Anda dapatkan, dengan catatan produk tersebut memberikan keuntungan yang cukup untuk setiap produk yang terjual.