Cara Pengaturan Kata Kunci pada Iklan Google Adwords

Setelah beberapa artikel sebelumnya dibahas mengenai persiapan website sebelum beriklan di Google Adwords agar hasilnya maksimal. Kini kita coba kupas bagaimana cara pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords. Panduan ini dikhususkan buat Anda yang mengelola akun Adwords, baik milik sendiri maupun untuk promosi website milik client. Pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords sangatlah penting, agar kata kunci yang kita targetkan bisa memberikan relevansi, baik dari website yang kita iklankan maupun terhadap nilai konversi yang diharapkan.

panduan mencari keywords untuk adwords

Cara pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords disini adalah bagaimana mengatur frasa yang tepat pada kata kunci tersebut, sehingga Anda bisa memahami cara pengaturan yang benar, tepat sasaran, dan juga bisa memberikan nilai CTR dengan presentase tinggi. Beberapa yang akan kita bahas saya bagi menjadi tiga bagian, dan ini berdasarkan pengalaman yang juga sudah saya alami. Beberapa pembagian dan juga cara pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords tersebut antara lain adalah bagaimana mengatur broad match, exact match, dan phrase match. Ketiga jenis kata kunci tersebut sangat erat hubungannya dengan hasil pencarian pada iklan yang kita buat.

Pengaturan kata kunci broad match

Untuk kata kunci dengan type pengaturan broad match adalah sebuah kata kunci untuk cakupan yang sangat luas, dan masih tergolong general. Dalam kata kunci tersebut, semua hal yang berhubungan dengan kata kunci tersebut bisa menjadi trigger untuk memicu munculnya iklan, meskipun ada kalanya tidak berhubungan dengan produk Anda. Jika dilihat dari tingkat spesifiknya, maka kata kunci ini sangat kurang maksimal hasilnya. Biasanya penggunaan kata kunci type ini berfungsi untuk menjaring trafik yang cukup besar meskipun dengan target yang tidak selalu relevan dengan produk Anda. Untuk penjelasan ringkas seperti apa sih pengaturan kata kunci jenis ini? Berikut contohnya :

Toko jual sepatu di jakarta

Dari kata kunci diatas, misal kita menjual sepatu khusus main bola, maka jika kata kunci tersebut kita ketik pada mesin pencariaan, beberapa kemungkin iklan yang akan muncul adalah bisa berupa :

toko : segala iklan yang ada kata kunci “toko”, maka iklan kita akan muncul. Misalnya toko sandal, toko sepeda, toko baju, dan lain lain. Singkat kata, dari setiap frasa pada kata kunci tersebut semua jenis iklan bisa muncul. Demikian juga untuk frasa sepatu misalnya, bisa memicu munculnya iklan yang berhubungan dengan sepatu basket, sepatu kerja, dan lain lain.

Dari kata kunci jenis ini, memang bisa memberikan nilai CTR yang tinggi, namun tentu saja relevansinya sangat rendah. Maka jika Anda ingin benar benar membidik kata kunci yang tertarget dan sesuai dengan produk Anda, penggunaan dan pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords kurang dianjurkan, kecuali jika orientasi Anda adalah ingin menjaring trafik untuk mempromosikan website Anda.

Pengaturan kata kunci phrase match

Type pengaturan kata kunci jenis ini bertujuan untuk target yang lebih spesifik, dan kata kunci yang tidak berhubungan dengan produk tersebut tidak akan muncul. Namun untuk pengaturan jenis kata kunci ini, Anda juga harus bisa benar benar pas dan terukur. Kata kunci ini bisa muncul dengan beberapa frasa kata yang ada di belakangnya maupun di depan dari kata kunci yang kita gunakan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan seperti dibawah ini :

“Jual sepatu sepak bola”

Dan jangan lupa, ketika Anda melakukan pengaturan kata kunci pada iklan di Google Adwords, maka terlebih dahulu untuk mengatur pada kolom yang ada tanda petik diatas tersebut (“). Fungsi dari pengaturan kata kunci di iklan ini adalah untuk mendapatkan kombinasi kata kunci lain tapi yang masih berhubungan, sehingga jika misalnya ada orang yang menulis kata kunci pada mesin pencari bisa ditambah kata kunci lainnya, baik sebelum kata kunci utama maupun sesudah kata kunci utama, sehingga menjadi seperti misalnya :

Toko “jual sepatu sepak bola” di Jakarta, atau “jual sepatu sepak bola” termurah di Jakarta, dan seterusnya.

Dengan pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords type phrase match, maka kombinasi kata kuncinya akan lebih luas namun dengan target yang masih berhubungan dengan relevansi pada produk yang Anda iklankan tersebut.

Jenis kata kunci type exact match

Pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords type ini adalah pengaturan yang benar benar tertarget dan tidak bisa dikombinasikan dengan tambahan frasa lainnya. Untuk contoh kata kunci ini, pengaturan pada akun Google Adwords diawali dan diakhiri dengan tanda kurung balok [kata kunci].

[Jual sepatu sepak bola]

Jadi, iklan Anda hanya akan muncul jika ada orang menulis pada mesin pencari dengan kata kunci tersebut. Diluar dari kata kunci tersebut, misalnya kombinasinya, maka iklan tersebut tidak akan muncul. Pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords type ini biasanya ditujukan untuk membidik target kata kunci yang benar benar fokus dan untuk mendapatkan nilai konversi yang diharapkan.

Sebenarnya masih banyak penjabaran mengenai bagaimana melakukan pengaturan kata kunci pada iklan Google Adwords yang Anda kelola, namun karena belum bisa dishare saat ini, mungkin hanya sebatas ini yang bisa Anda coba. Lain waktu kita akan coba lagi kupas seputar pengaturan kata kunci yang lebih spesifik.