Definisi Biaya Iklan Mahal atau Murah

Iklan mahal atau murah sebenarnya terlalu luas cakupan dan definisinya. Sebenarnya, untuk menilai sebuah biaya iklan, apakah mahal atau tidak, biasanya tergantung dari apa yang Anda dapatkan dengan iklan tersebut. Saya sering sering mendapat pertanyaan dari beberapa customer, bahwa iklan yang dia keluarkan biayanya cukup mahal. Namun sebagai gambaran sederhana, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengeluarkan biaya dalam beriklan guna memasarkan sebuah produk yang Anda miliki, berikut beberapa definisi sederhana, sebenarnya apa sih iklan mahal atau murah itu?

kenapa biaya iklan bisa mahal

Menilai Iklan Mahal atau Murah

Masih banyaknya persepsi yang berkembang di kalangan para pelaku bisnis, bahwa iklan dengan biaya besar sangat identik dengan arti mahal. Padahal definisi mahal itu sendiri sangat luas cakupannya. Mungkin agar Anda lebih memahami dan tidak terlalu terpaku pada arti kata mahal, khususnya untuk iklan mahal yang harus Anda keluarkan, berikut ilustrasi sederhana mengenai hal tersebut.

  • Untuk produk A, dalam sebulan Anda mengeluarkan biaya iklan sebesar Rp. 1 juta. Dari biaya iklan tersebut, ternyata tidak ada penjualan dan tidak ada untung sama sekali.
  • Sedangkan untuk produk B, dalam sebulan Anda mengeluarkan biaya iklan misalnya Rp 10 juta. Dari biaya iklan tersebut, ternyata Anda bisa mendapatkan profit dan keuntungan mencapai Rp 50 juta.

Dari kedua ilustrasi tersebut, menurut saya bisa kita ambil kesimpulan bahwa biaya sebuah iklan tidak identik dengan berapa besar uang yang kita keluarkan untuk iklan tersebut, namun dari biaya tersebut, apa yang bisa kita dapatkan. Untuk ilustrasi produk A, maka kesimpulan sederhanya adalah bahwa biaya iklan tersebut dinilai mahal karena tidak mendatangkan keuntungan bagi Anda, sedangkan untuk ilustrasi B, meskipun biaya iklan lebih besar, namun jika dilihat dari sisi profit bisnis, maka biaya iklan produk B bisa dikatakan lebih murah.

Dengan adanya kesimpulan dari ilustrasi biaya iklan seperti tersebut diatas, maka Anda bisa menentukan, bahwa untuk mengeluarkan biaya iklan memang tidak selalu identik dengan berapa besar biaya iklan yang kita keluarkan, namun dengan biaya tersebut, apa yang bisa kita dapatkan. Definisi semacam ini sangat penting buat Anda yang ingin memasarkan produk melalui jaringan periklanan, baik melalui media online, elektronik, televisi, surat kabar, atau media iklan lainnya.