Faktor Penyebab Kurang Optimalnya Iklan Adwords

Iklan Adwords memang menjadi salah satu pilihan iklan online yang saat ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Alasan mengapa iklan melalui Google Adwords sangat efektif? Tentunya karena banyak manfaat dan kemudahan yang bisa dilakukan dengan beriklan melalui Google Adwords, salah satunya kemudahan mengatur besar anggaran iklan, menentukan target lokasi iklan, waktu kemunculan iklan, dan masih banyak lagi.

penyebab iklan tidak maksimal

Cukup mudah sebenarnya untuk mengukur tingkat efektifitas dari sebuah iklan, diantaranya adalah dengan anggaran iklan yang dikeluarkan dalam satuan rupiah, berapa keuntungan yang bisa Anda raih. Secara sederhana mengukurnya seperti itu. Namun tidak jarang pula beberapa orang yang sudah beriklan melalui Google Adwords tidak mendapatkan profit yang mereka inginkan. Untuk solusi yang satu ini memang banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa iklan Google Adwords tidak memberikan profit sesuai yang kita harapkan.

Dalam sebuah iklan Adwords, jika tingkat impressi atau kemunculan iklan cukup baik, dalam artian banyak kemunculannya, terus kemudian jumlah klik juga lumayan bagus, dimana hal ini bisa diketahui dengan CTR atau perbandingan antara klik iklan dengan tingkat kemunculan iklan tersebut diatas 2%, maka bisa diartikan performance iklan tersebut cukup bagus dan sudah sesuai dengan standard minimal sebuah iklan. Namun jika semua angka tersebut sudah dicapai, namun masih tetap belum memberikan hasil yang maksimal, maka yang harus menjadi fokus perhatian Anda adalah website itu sendiri, bagaimana kualitas dan performance dari website tersebut? Disini akan kita bahas lebih detail seputar kualitas sebuah website untuk membantu meningkatkan konversi atau penjualan setelah beriklan di Google Adwords.

Tampilan website

Meskipun tidak sepenuhnya memberikan jaminan akan terjadinya penjualan, namun ada kalanya seorang calon pembeli akan melihat terlebih dahulu tampilan website tersebut. Apakah cukup meyakinkan untuk membeli sebuah produk melalui website tersebut? Tampilan website yang meyakinkan tentu akan lebih menarik perhatian pembeli jika dibandingkan dengan tampilan website yang asal asalan, tidak ada alamat yang jelas, mungkin ketika dihubungi tidak ada yang mengangkat telepon, dan lain sebagainya. Kondisi semacam ini sangat berpengaruh terhadap tingkat konversi produk tersebut, terutama jika beriklan melalui Google Adwords.

Untuk mengatasi hal tersebut, dan meningkatkan konversi penjualan produk yang diiklankan melalui Google Adwords, maka Anda harus bisa membuat agar website tersebut meyakinkan kepada calon pembeli Anda.

Produk yang kurang lengkap

Setelah tampilan website Anda meyakinkan dan juga menarik, namun masih tetap belum ada peningkatan konversi, mungkin faktor kelengkapan produk yang Anda jual kurang bervariasi, sehingga yang kebetulan dicari oleh calon pembeli tidak ada. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang bisa mengurangi tingkat konversi penjualan sebuah produk. Namun kelengkapan produk yang tidak terlalu banyak bisa Anda siasati dengan memberikan penawaran untuk membantu menyediakan produk yang dicari oleh konsumen.

Bagaimana pelayanan yang Anda berikan

Faktor lain yang juga harus menjadi perhatian agar tingkat konversi atau penjualan bisa meningkat setelah beriklan di Google Adwords adalah memberikan layanan yang memuaskan kepada semua calon pembeli, misalnya dengan selalu standby atau memberikan penjelasan seputar produk yang ditanyakan oleh calon konsumen, misalnya. Ada kalanya beberapa pelaku bisnis online yang hanya sekedar membuat sebuah website, kemudian diiklankan melalui Google Adwords, dan tidak memberikan service yang memuaskan, maka tentunya hal ini bisa memberikan kesan kurang baik terhadap bisnis tersebut.

Sebenarnya masih banyak hal yang menjadi faktor keberhasilan ketika Anda beriklan di Google Adwords. Yang penting intinya adalah, setelah performance iklan cukup bagus, namun hasil yang Anda dapatkan kurang optimal, maka hal ini bisa dipastikan bahwa faktor yang harus diperbaiki adalah kualitas dari website tersebut, yang meliputi beberapa hal yang sudah disebutkan diatas.