Manfaat Negative Keyword Pada Iklan Adwords

Jika Anda kebetulan mengelola iklan Adwords sendiri untuk mempromosikan produk yang Anda jual, tentunya harus benar benar mengetahui segala seluk beluk dari Google Adwords tersebut. Salah satunya adalah negative keyword pada iklan Adwords. Dalam sebuah akun Google Adwords terdapat banyak sekali istilah yang masing masing mempunyai fungsi yang berbeda. Anda akan dihadapkan dengan istilah CTR, impresi, quality score, CPC, AVG CPC, dan masih banyak lagi. Dari beberapa istilah yang ada pada sebuah akun Adwords, jika semuanya bisa Anda pahami dan optimalkan, maka Anda bisa menekan biaya iklan namun akan mendapatkan hasil yang maksimal.

cari negative keywords adwords

Disini saya akan coba kupas mengenai negative keyword pada sebuah iklan Adwords. Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa itu negative keyword, dan apa manfaat negative keyword pada iklan Adwords Anda, kita harus mengetahui mengenai definisi dari negative keyword itu sendiri tentunya. Jika kita mengetahui apa itu negative keyword, apa manfaatnya, dan bagaimana mengelolanya, memilah milah, dan lain sebagainya.

Dalam dunia periklanan Google Adwords, negative keyword secara sederhana bisa diartikan sebuah kata kunci yang tidak ada relevansinya dengan produk atau iklan yang Anda jalankan, atau bisa juga sebuah kata kunci yang tidak Anda inginkan. Meskipun tidak ada relevansinya dan tidak Anda inginkan, namun jangan salah, negative keyword juga mempunyai manfaat buat iklan Anda.

Dalam sebuah iklan Google Adwords yang Anda kelola, jika iklan tersebut sudah berjalan dalam kurun waktu beberapa lama, misalnya satu bulan, maka akan selalu muncul negative keyword yang terjaring dalam filter pada akun Google Adwords tersebut. Nah, disinilah fungsi Anda untuk mengoptimalkan negative keyword pada iklan Adwords Anda.

Salah satu contoh seperti apa sih negative keyword itu? Misalnya Anda menjual produk khusus sepatu bola, maka yang bisa dijadikan sebagai negative keyword misalnya tenis, basket, dan lain lain. Pada intinya, kata kunci tersebut tidak ada hubungannya dengan produk Anda, namun masih dalam lingkup satu kata kunci umum, yaitu “sepatu”.

Adapun manfaat dari negative keyword pada iklan Adwords tersebut adalah bisa menghindari munculnya iklan yang tidak relevan jika ada orang mengetik kata kunci tersebut pada mesin pencari. Misalnya Anda khusus menjual “sepatu bola”, maka ketika orang mengetik kata kunci misalnya “jual sepatu basket”, maka iklan Anda tidak akan muncul karena kata kunci negative “basket” sudah Anda blokir sebelumnya, meskipun sama sama mengandung kata kunci “sepatu”.

Jadi, pada intinya, bagaimana kita memanfaatkan negative keyword pada iklan Adwords yang kita kelola dengan rajin untuk memilih dan memilah serta melakukan filtering terhadap kata kunci yang tidak relevan dengan sebuah produk, kemudian memisahkannya. Bagaimana melakukan pengaturan dan filtering terhadap negative keyword? Tetap stay tune disini, saya akan terus kupas mengenai bagaimana melakukan filtering dan memisahkan keyword yang masuk kategori negative keywords untuk iklan Adwords Anda.