Media Promosi untuk UMKM

Salah satu media promosi untuk UMKM yang bisa digunakan saat ini cukup beragam, tergantung dari metode promosi seperti apa yang ingin dilakukan. Untuk memilih media promosi yang tepat, tentunya pengusaha UMKM juga harus bisa menilai efektifitas dari iklan tersebut nantinya. Disinilah harus dituntut untuk bisa mengukur, apakah promosi yang akan dilakukan nantinya bisa memberikan dampak yang baik untuk perkembangan usaha tersebut. Untuk mengetahui kualitas dan efektifitas sebuah media promosi yang akan dilakukan, maka setiap metode promosi tersebut harus dicoba terlebih dahulu. Ada banyak sekali ragam dan pilihan media promosi untuk UMKM yang bisa dipilih, seperti diantaranya adalah :

memilih media promosi untuk umkm

Internet sebagai media promosi untuk UMKM

Berkembangan teknologi yang semakin pesat, ditambah dengan semakin mudahnya akses informasi melalui berbagai perangkat mobile, seperti misalnya smartphone, menjadi salah satu keuntungan tersendiri buat para pelaku usaha kecil dan menengah. Ada banyak sekali model periklanan yang bisa dipilih melalui internet, seperti misalnya periklanan Google Adwords, promosi melalui artikel review, penggunaan spot banner pada sebuah website, promosi UMKM melalui forum dan komunitas, sosial media, dan model lain yang bisa dipilih.

Pada beberapa artikel sebelumnya juga sudah pernah dibahas bahwa, beriklan melalui internet sebagai media promosi  untuk UMKM, tanpa kecuali, memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungannya, seperti jangkauan lebih luas, biaya yang relatif lebih terjangkau, efektifitas waktu dan tenaga, serta keunggulan lain yang bisa di dapat dengan memanfaatkan internet sebagai salah satu media promosi untuk UMKM yang saat ini terus mengalami peningkatan.

Media promosi untuk UMKM melalui pameran

Semakin banyak pelaku usaha UMKM melakukan promosi melalui berbagai model dan sarana, tentunya akan semakin baik. Jika sudah mencoba melakukan promosi melalui media internet, para pelaku usaha mikro tersebut juga disarankan untuk mencoba metode lain yang tidak kalah bagusnya, misalnya dengan mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh instansi. Dengan mengikuti pameran, para pengusaha UMKM bisa langsung berinteraksi dengan calon pembeli, sehingga ada nilai plus tersendiri.

Metode konvensional sebagai media promosi untuk UMKM

Jika memiliki dana yang mencukupi dan ingin tetap memperluas jaringan promosi, bisa dicoba beberapa metode lain, seperti misalnya majalah, surat kabar, radio dan televisi, dan beberapa media lain yang menurut Anda cukup prospektif. Namun dari sekian banyak metode yang sudah disebutkan diatas, tentunya semua berpulang pada perencanaan yang matang, sehingga hasilnya bisa benar benar sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Tujuan utama dari sebuah promosi, khususnya untuk sektor UMKM adalah bagaimana memperkenalkan produk unggulan mereka ke pasar yang lebih luas, sehingga bisa memacu untuk tumbuh kembangnya sektor ini sebagai salah satu penopang untuk ekonomi Nasional. Apapun media promosi untuk UMKM yang akan dicoba, yang penting adalah manfaat apa yang nantinya bisa diperoleh.