Menyesuaikan Budget untuk Iklan Adwords

Pada beberapa artikle yang sudah saya tulis sebelumnya, mengenai istilah mahal dan murahnya sebuah biaya iklan memang sangat luas definisinya. Demikian juga jika Anda beriklan di jaringan Google Adwords. Dalam menyesuaikan budget untuk iklan Adwords, Anda juga harus bisa menyesuaikan besaran anggaran yang akan digunakan. Ada banyak faktor dalam menyesuaikan budget iklan di Google Adwords. Biasanya hal ini tergantung dari jenis produk yang Anda jual, bagaimana tingkat persaingan untuk produk tersebut, berapa budget harian yang diinginkan, dan masih banyak lagi faktor penting yang bisa digunakan dalam menyesuaikan budget untuk iklan Adwords tersebut.

cara menentukan anggaran adwords

Berapa budget untuk iklan Adwords yang sesuai?

Biasanya setiap jasa iklan Google Adwords sudah memberikan referensi anggaran yang bisa Anda pilih, baik dalam paket bulanan,  per tiga bulan, enam bulan, atau paket pertahun. Masing masing paket tersebut tentunya memiliki kekurangan masing masing. Budget untuk iklan Adwords yang akan digunakan, bisa Anda ketahui besarannya setelah satu bulan beriklan. Mengapa demikian? Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur efektifitas iklan tersebut, apakah memberikan manfaat atau tidak pada produk yang dipasarkan.

Jika setelah beriklan selama satu bulan, dan ternyata memberikan banyak profit dan tingkat penjualan yang semakin meningkat, maka Anda bisa menambah budget untuk iklan Adwords sesuai dengan kemampuan dan besarnya uang yang dianggarkan untuk iklan di Google Adwords tersebut.

Cara menentukan budget untuk iklan Adwords

Disini ada sedikit gambaran sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menentukan dan ataupun untuk menambah besaran budget untuk iklan Adwords. Jika pada bulan pertama misalnya Anda menganggarkan biaya iklan sebesar Rp. 500.000, dan ternyata setelah iklan berjalan satu bulan ternyata memberikan banyak profit bagi usaha Anda, maka Anda bisa menambah budget untuk iklan Adwords tersebut sesuai dengan target penjualan yang Anda inginkan.

Namun yang perlu Anda ketahui disini, khususnya dalam menambah angka budget untuk iklan Adwords tersebut, sangat disarankan dilakukan secara bertahap. Misalnya pada bulan pertama beriklan, anggaran yang Anda keluarkan sebesar Rp. 500.000, maka setelah berjalannya waktu ternyata penjualan meningkat, maka Anda bisa menambahnya secara bertahap, misalnya menjadi Rp. 750.000 perbulan.

Meskipun tidak ada batasan dalam menentukan budget untuk iklan Adwords tersebut, namuan hal ini untuk menyesuaikan dengan biaya iklan itu sendiri, terutama jika Anda sudah menentukan target penjualan yang diinginkan.

Budget untuk iklan Adwords bisa disesuaikan dengan penjualan

Jika tingkat penjualan sudah diketahui berdasarkan nilai dari budget yang Anda keluarkan, maka Anda kini bisa menentukan kira kira berapa target yang akan dicapai pada produk tersebut. Meskipun perhitungan semacam ini tidak selamanya sesuai dengan harapan, namun yang pasti, semakin besar biaya iklan yang kita keluarkan, maka kemungkinan profit yang didapat juga akan semakin besar. Namun tentunya kita juga harus tetap mengoptimalkan berbagai faktor lain yang ada pada iklan Adwords tersebut, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa benar benar maksimal. Apa saja faktor yang diperlukan dalam mengoptimalkan iklan agar hasilnya maksimal? Mungkin pada beberapa artikel mendatang akan kita kupas mengenai strategi agar iklan kita benar benar tepat sasaran dan sesuai target.